Thursday, October 8, 2015

Pengalaman Pertama Naik OJEG TAKSI METER (JEGER TAKSI)

Taksi Motor model baru, Jeger Taksi






Halo,

Gue cuma pengen sharing pengalaman baru aja. Baru siang ini gue naik layanan ojek baru yang pake meteran, macem taksi. Namanya Jeger Taksi, konon katanya singkatan dari Ojeg Meter. Sebenernya model taksi-ojek ini udah lama banget konsepnya. Dulu ada yang namanya Ojek Taksi. Namun sayang sekarang Ojek Taksi eksistensinya udah ga ada.

Oke. Balik ke Jeger. Saat lo naik, lo akan dikenakan tarif Rp 4800 untuk 1 kilometer pertama, selanjutnya akan dikenakan tarif Rp 2800 untuk kilometer selanjutnya. Ojeg ini baru gue temuin pangkalannya di deket Stasiun Tanah Abang yang menuju perempatan fly over Jati Baru. Mungkin memang coverage-nya masih baru di Jakarta doang.


Jeger Taksi
Selanjutnya, gue mau bikin review singkat ah.

Pelayanan:
Untuk pemesanan armada, Jeger belom bisa diakses secara online. Sampe siang tadi gue naik Jeger, aplikasi panggilan Jeger belum ada baik di Google Playstore dan Apple Store. Tapi mereka punya hotline. Sistemnya, kalo kita telpon hotline tersebut, mereka lalu akan mengarahkan abang ojeknya ke tempat kita nunggu. Persis kaya kita mesen taksi via hot-line.

Untuk pelayanan angkutan, nah ini dia yang agak mengecewakan gue di penggunaan pertama kali ini. First impression is everything. Gue naik Jeger bernomor armada 013 dari Tanah Abang hendak ke Kedoya. Semua armada Jeger menggunakan motor Honda Vario 150cc. Sebenernya cukup kenceng untuk ukuran motor matic. Tapi tampaknya abang gojeknya ragu untuk memacu kendaraannya ini. Waktu tempuh Tanah Abang-Kedoya di jam makan siang biasanya gue tempuh dengan ngebut paling lama 10 menit. Tapi waktu tempuh dengan Jeger ini bisa sampe 2x lipatnya.

Atau barangkali abang gojeknya ragu ke tempat tujuan gue. Karena beberapa kali justru gue yang mengarahkan abang ojeknya. Ini lumayan penting sih. Karena layanan ini menggunakan perhitungan jarak, makanya Jeger ini harus mengutamakan abang ojeg yang hapal jalan. Penumpang juga harus paham betul tempat tujuannya, supaya jarak yang ditempuh ga lebih jauh dan mengakibatkan membengkaknya biaya yang harus dibayar.

Semua armada Jeger berwarna kuning. Tapi untuk yang tadi gue naikkin, rada mengecewakan. Jaket abang gojeknya udah belel-belel, warnanya jadi udah kuning kusam. Helm untuk penumpangnya juga udah jelek banget, udah kusam, kaca helmnya ga kenceng, dan stikernya juga udah rusak-rusak. Rada aneh sih untuk layanan baru, kenapa udah bisa sampe sejelek dan sebelel itu di saat ini.


Waktu gue naik pun gue ga ditawarin masker dan hair cap. Betul-betul mengecewakan. Padahal itu adalah hak gue sebagai penumpang untuk mendapatkan masker dan hair cap, dan kewajiban driver untuk memberikannya. Sesampainya gue di tempat tujuan, gue iseng nanya aja ke abang Jegernya, "Bang, saya mau tanya. Kok saya ga dikasih masker sih tadi?". Abangnya jawab, "Wah saya lupa, yaudah deh sebentar". Dia merogoh kantong untuk memberikan masker, tapi gue nolak, buat apa juga hahaha gua-nya udah nyampe.

Oh iya, gue bertahan menggunakan helm super bapuk itu cuma sampe daerah jalan KH. Mas Mansyur aja. Kira-kira cuma 1,5 kilometer dari Tanah Abang. Selebihnya gue lepas helm. Emang sih lepas helm itu salah dan bukan contoh yang baik di jalanan. Tapi helm Jeger yang tadi itu terus terang ga nyaman sama sekali untuk dipakai. Kualitas helm juga kayanya engga terlalu bagus.

Lalu, selain coverage layanan yang kurang luas, aksesibilitas kurang efisien, kualitas pengetahuan jalan tukang ojeknya yang kurang baik, fasilitas yang diberikan untuk pelanggan kurang memuaskan, kecepatan tempuh juga kurang cepat, satu lagi yang jadi poin review gue adalah tampaknya mereka memberikan beban pembayaran untuk menunggu. Tadi gue sempet ke ATM untuk ambil duit buat bayar itu Jeger, tapi ternyata itu sepertinya dibebankan jadi biaya layanan. Biaya tambahan ini tidak diberitahukan sama sekali ke pelanggan. Jarak yang gue tempuh adalah 9,382 kilometer dari Tanah Abang ke Kedoya. Jika 1 kilometer pertama Jeger adalah Rp 4800 , dan tiap kilometer berikutnya seharga Rp 2800, maka biaya yang harus gue keluarkan adalah Rp 28.269. Namun dari struk, tertulis harga yang harus gue bayar dari layanan Jeger ini adalah Rp 30.280. Artinya ada selisih sekitar Rp 2000 yang dibebankan pelanggan karena biaya menunggu tadi.




Rekomendasi:
Hm, gue ga rekomendasiin banget sih penggunaan Jeger di Ibukota Jakarta. Tapi untuk alternatif ketika lo ga nemu taksi, ga nemu Gojek dan ojek pangkalan mungkin lo baru bisa pake dah layanan ini. Artinya, bagi gue naik Jeger adalah pilihan terakhir dari segala pilihan yang ada.

Tapi yang harus diinget, layanan Jeger ini masih baru banget. Wajar kalo masih banyak kekurangan di sana-sini. Karenanya, gue percaya kalo Jeger ini bakal mampu meningkatkan kualitas layanan mereka dan lebih transparan lagi. Karena, dengan persaingan yang ketat ini di bisnis layanan ojek, Jeger mau ga mau harus mengubah pelayanannya dari yang super bapuk ke super keren. Karena kalo engga begitu, gue percaya Jeger ga bakalan lama juga persis kaya Ojek Taksi jaman dulu itu.

Untuk orang-orang yang bilang Jeger ini adalah saingan serius buat Go-Jek dan Grab-Bike, gue pikir masih jauuuuuuuh banget buat dibilang saingan. Hahaha.

Nilai:
4.0/10.0

No comments:

Post a Comment

Kalo mau komen pake bahasa yang santun dan sopan ya saudara-saudari!