Friday, August 16, 2013

Merawat Kemerdekaan

Besok hari lahir negeri ini, Indonesia. Udah 68 tahun, kalo itu dikonversi jadi umur manusia modern, tentu itu umur yang cukup renta. Tapi kalo dikonversi jadi umur manusia jaman nabi, mungkin usia 68 tahun masih usia balita. Usia yang belom ada apa-apanya. Mungkin bisa jadi umur negeri ini mengacu pada umur manusia jaman dulu. Usia 68 tahun bukan umur yang ada apa-apanya. Masih jauh perjalanan kita untuk bisa jadi negara yang bijak dan negara yang maju. Perjalanan itu, memang banyak kerikil yang sangat tajam. Kerikil yang berasal dari luar negeri ini maupun kerikil yang berasal dari dalam negeri ini. Namun seberapa tajamnya kerikil-kerikil itu, kaki-kaki bangsa ini harus tetap melanjutkan perjalanan di atas kaki mereka sendiri.

Gue, seberapa pun bencinya pada orang-orang di negeri ini, mengucapkan selamat hari kemerdekaan Indonesia. Mari kita rawat kemerdekaan yang merupakan hak paling dasar dari seluruh kehidupan manusia.

Oh iya buat kemerdekaan besok gue punya kado hasil jalan-jalan random kemaren:




Yup. Bu Fatma. Tahun 1945, malem sebelom hari kemerdekaan, persis kaya malem ini, dia lagi jait bendera merah putih dengan keikhlasan dan cinta. Semoga arwah beliau dan para pahlawan kemerdekaan lainnya tetap berada di sisi terbaik Tuhan Yang Maha Esa. Amin. 

*Merdeka!*

No comments:

Post a Comment

Kalo mau komen pake bahasa yang santun dan sopan ya saudara-saudari!