Saturday, December 7, 2013

Goodbye, Lads :")

"Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jualah kami kembali."
- Q.S 2: 156

Rabu malam, gue balik dari Depok. Hal pertama yang gue lakukan adalah mengunjungi kandang landak-landak gue dan bermain bersama mereka. Ngebersihin tempat makanan, isi makanan dan isi ulang minum mereka. Di kandang besar, gue taro Sidvi, Sibil, Sexy, Semog dan Ludwina. Suara Sidvi dan Sibil udah mulai berisik karena masuk musim kawin. Gue gak yakin selama sehari kemarennya gue tinggal ke Depok itu, Sidvi dan Sibil gak ngewongin tiga betina yang ada di dalam kandang yang sama dengan mereka itu.

Setelah itu, gue masuk rumah. Bersihin badan, ganti baju, dan kembali keluar buat liat kandang landak gue lagi. Lalu gue memutuskan, kala itu udah Kamis jam 1 pagi, untuk memandikan ketiga pejantan gue: Sidvi, Sibil dan Ludwig. Gue masak air untuk mandi mereka dan nyiapin peralatan mandinya. Lalu gue masukin ketiga pejantan itu kedalem kamar mandi, dan mulai memandikan mereka. Gue mulai dari Ludwig, disusul Sibil dan terakhir Sidvi. Seneng banget ngeliat mereka mandi dan ngerasain air hangat. Gue sikatin badannya sampe bersih. Gue bersihin juga kuku-kuku mereka kalo tai yang nyelip-nyelip gitu. Gue kasih Dettol juga airnya supaya gak ada bakteri dan kuman.

Gak nyangka. Itu terakhir kalinya gue mandiin mereka. Karena setelah itu, gue masukin mereka dalam satu kandang kecil, sebuah akuarium berukuran 60x30, dan gobloknya gue gak mikir kalau kandang sekecil itu gak bisa menampung cukup oksigen untuk tiga landak bersamaan. Setelah mandiin mereka gue memang memasukkan mereka dalam kandang akuarium, karena kandang Ludwig basah kehujanan dan niatnya mau gue cuci keesokan paginya. Jadi kandang kecil itu untuk sementara aja mereka tidur dan mengantisipasi mereka kawin sembarangan. Gue taro mereka di akuarium itu dan gue tinggal tidur.

Entah lo mau percaya atau enggak, gue kebangun karena mimpi landak gue mati. Setelah itu gue buru-buru  bangun dan cek. Ternyata Sidvi, Sibil dan Ludwig udah mati dan kaku. Duri mereka tegak semua. Mulut Sibil keluar busa. Sementara Ludwig mati meringkuk dan Sidvi mati berbaring pasrah. Sedih. Sedih. Sedih. Sedih gue combo tiga, men!. Gue rasa mereka mati karena kurang oksigen dan gue yang nambah sedih lagi itu karena landak gue yang mati semuanya pejantan. Sidvi dan Sibil belom sempet ngerasain gue kawinin (walaupun mungkin mereka sempet curi-curi kawin). Mereka bertiga juga belom sempet rasain makan jangkrik, ulet hongkong, ulet jerman dan semua makanan mewah lainnya buat landak. Mereka juga belom sempet gue bawa pamer ke temen-temen gue. Fak lah.

Akhirnya, Kamis sore itu juga gue nguburin mereka bertiga. Nyokap gue nyuruh supaya nyuruh orang aja buat nguburin. Tapi biarpun hujan, gue tetep maksain ngubur mereka by myself. Ini peliharaan gue, gak seharusnya orang lain yang justru ngurusin mereka pas mati. Untungnya masih ada kebon kosong yang masih banyak tanah dan gak bertuan di deket rumah gue jadi gue bisa ngubur mereka disana. Semoga mereka gak menambah dosa gue nantinya, karena gue bener-bener nyesel ini kejadian dan pastinya bakal jadi pelajaran gue ke depannya. 

Intinya, gue sebagai manusia emang gak akan pernah tau kapan takdir seperti kematian ini akan menjemput gue atau makhluk-makhluk di sekitar gue. Tapi gue yakin, sebagai manusia hal terbaik yang bisa dilakukan sebelum kematian itu menjemput adalah memberikan kasih dan sayangnya dengan tulus kepada diri lo dan makhluk-makhluk di sekitar lo. Lo boleh setuju, boleh juga enggak. Tapi hal itu, yang membuat gue bisa tetep tabah dan sabar walaupun binatang peliharaan kesayangan gue mati langsung tiga.

Gue sempet foto-foto kondisi terakhir mereka saat udah kaku dan prosesi penguburan mereka. Tapi kali ini gue lagi ngeblog di tempat orang, jadinya nanti akan gue kasih kalo gue udah kembali ngeblog di rumah gue sendiri. Semoga kalian para pembaca ikut ngedoain tiga landak gue itu supaya tenang ya.

*Goodbye, lads*

2 comments:

Kalo mau komen pake bahasa yang santun dan sopan ya saudara-saudari!