Wednesday, October 9, 2013

Semog Part III

Sembilan Oktober ini genap sudah anak-anak Semog berusia sebulan. Semog makin semok aja makin kesini. Gue curiga dia punya riwayat obesitas atau emang semua betina abis melahirkan selalu ga mau ngurusin badannya lagi apa gimana. Hahaha. Tapi gapapa, gue selalu nyetok makanan buat dia, ya anak-anaknya butuh asupan lah dari si ibu lewat air susunya, jadinya untuk terus memproduksi air susu ibu landak itu ya gue harus ngasih si Semog makan terus.

Sekarang anak-anak semog juga udah lumayan gede. Tadinya, Sidvi-Siouxsie-Sibil muat bertiga gue jejerin di tangan gue, tapi sekarang mereka udah ga muat di jejerin bertiga. Seekor aja sekarang panjangnya udah hampir duapertiga telapak tangan gue. Kadang gue main sama mereka bertiga, karena mereka ngegemesin banget. Bulunya yang ga berduri itu alus-alus banget emang bisa banget buat di remeg-remeg. Tapi gue masih bisa kontrol kegemesan gue, haha kesian soalnya. Si Sibil adalah anak landak paling galak diantara mereka bertiga. Tangan gue suka di endusin, di jilatin terus kalo gue lagi lengah dia langsung gigit. Lo kira jari gue puting susu emak lo apa.

Oh iya, masalah dijilatin, landak mini emang suka begitu. Dalam bahasa Inggrisnya, anointing. Ini sifat landak mini yang memang sangat mengandalkan hidung untuk memberikan mereka informasi yang dibutuhkan sebagai mekanisme pertahanan diri awal. Tempat-tempat yang memiliki wangi baru bagi mereka akan segera diidentifikasi dengan jilatan-jilatan ini sehingga mereka akan beradaptasi di tempat tersebut. Kadang mereka juga jilatin durinya sendiri, lidahnya lumayan panjang sih. Pasti cewek-cewek seneng deh. Hahaha.

Sekarang Sibil dan Siouxsie (sodara kembar beda kelamin yang ga mirip ibunya), hobi banget ngikutin ibunya makan dan sering banget gangguin ibunya makan. Gangguinnya ya gitu, tempat makanan si ibunya di injek-injek mereka berdua, dan makanan si ibunya itu dicicip-cicipin dulu terus di lepehin. Kalo udah rese begini biasanya gue pindahin tuh Sibil sama Siouxsie, gue grounding ke aquarium tempat mereka akan berada sebulan lagi nanti. Sementara si Sidvi, yang mirip ibunya banget, cenderung lebih kalem dan ga banyak tingkah. Dia juga yang paling seneng main di tangan gue, walaupun kalo udah sekalinya panik ga berenti-berenti persis kaya ibunya.

Oh iya, makanan mereka gue beliin pakan kucing yang kering, gue lupa merknya. Dua bulan ini gue beli dua merk pakan kucing yang beda. Pakan yang pertama banget itu rasa tuna harganya Rp 30.000/kg (sekarang naik Rp 3000), yang terakhir ini rasa ayam harganya Rp. 30.000,-/kg. Gue sendiri sih ngeliatnya, Semog lebih suka pakan yang rasa tuna karena si Semog semangat banget kalo dikasih makan pakan tuna ini, sementara yang rasa ayam ini suka dia sisain. Terus si Sibil dan Siouxsie juga suka nyicip makanan yang rasa tuna. Berarti gue besok harus beliin dia pakan kucing rasa tuna lagi buat mereka. Lagipula, eeknya Semog lebih bau-an ketika dia makan pakan yang rasa ayam soalnya pakan yang rasa ayam ini lebih amis daripada yang rasa tuna. Sekedar info, landak mini pada dasarnya adalah mamalia insektivora. Dia hewan menyusui yang makanannya berupa serangga kaya jangkrik, kroto, ulet, dsb. Tapi dia bukan insektivora eksklusif, dalam artian dia ga mutlak harus makan serangga melulu. Landak sebenarnya pemakan apa saja, alias rakus. Eh sori, omnivora. Waktu itu pernah gue kasih salak, terus Semog nyicip cilik. Tau deh dia bisa berak lagi apa enggak waktu itu.

Ngerawat landak mini sebenernya ga susah kok, menurut gue. Lo cukup merhatiin persediaan makanannya aja kok. Hal ini sih yang ngebuat gue kadang-kadang kepikiran kalo misalnya gue nginep entah dimana dan lama ninggalin mereka gitu, soalnya di keluarga gue ga ada yang mau ngurusin landak-landak gue ini. Nah, satu hal yang bikin salah paham dengan keluarga gue itu adalah masalah bau dan membersihkan kandang dan landaknya. Landak enggak sama kaya binatang lainnya yang harus mandi sehari dua kali atau tiap pagi dimandiin dan dijemur. Landak ini hewan nocturnal, alias aktif berkegiatan di malam hari. Persis kaya gue. Sehingga, matahari pagi itu adalah musuh terbesar mereka. Pasti rasanya kesel banget kalo kena sinar matahari pagi yang pekat. Nah landak juga, seperti yang gue bilang diatas, adalah hewan yang menggunakan hidungnya sebagai pemberi informasi. Nah, kandangnya emang ga boleh terlalu sering dibersihin karena kalo misalnya dia kehilangan bau yang dia kenal di kandangnya itu dia pasti akan stress, garuk-garuk pala, terus durinya rontok. Sama juga, dia ga boleh terlalu sering mandi, karena kulitnya gampang kering dan jadinya busikan kaya ketombe gitu kalo udah kekeringan. Tapi gue paling seneng sih kalo ngeliat landak mandi, soalnya mereka jago berenang. Setelah melahirkan ini, gue belom mandiin lagi si Semog, walaupun sebelum dia melahirkan gue seminggu bisa dua kali mandiin dia. Gue masih nunggu sebulan lagi, sampe anak-anaknya berhenti nyusu eksklusif dan bisa dipindah kandangin. Setelah itu gue akan sering mandiin lagi dan nyoba nyari orang yang punya landak jantan supaya bisa menghamili Semog lagi.

Dua bulan ini intinya gue lumayan bahagia. Gapapa deh gapapa ga punya cewek juga gapapa, yang penting perasaan kasih sayang gue masih bisa tersalurkan kepada makhluk hidup lainnya. #Eaak. #Berak.
Sekedar gue kasih tau, nampaknya gue akan serius ngurus anak-anak landak ini dan ngejadiin landak mini sebagai tren baru di lingkungan sekitar gue. Hehehe. Jadi lumayan kan punya komunitas jadi bisa sharing apapun tentang landak mini. Udahlah gitu aja, next time gue ceritain lagi.

*Cheers!*



PS: Foto nyusul.

No comments:

Post a Comment

Kalo mau komen pake bahasa yang santun dan sopan ya saudara-saudari!