Tuesday, May 14, 2013

Senen! Part 1

Bukan. Ini bukan tulisan tentang nama-nama hari atau kegiatan gue hari ini. Tulisan ini adalah review sedikit tentang sebuah tempat bernama Senen! Ya! Senen. Sebuah tempat yang panas dan lembab, dimana dipenuhi oleh asap knalpot penuh timbal dan keringat busuk para pelancong yang memburu harta karun bernama bebajuan, khususnya Pasar Senen! Oke deh. Seharusnya ini gue langsung ceritain saat gue waktu itu berkunjung ke Pasar Senen untuk pertama kalinya (8 Mei 2013). Tapi berhubung gue pas balik dari senen langsung latihan teater lagi dan baliknya nginep di rumah mbek, jadinya gue ga sempet nulis-nulis lagi. Hehehe.

Oke. Oke. Kembali ke wacana: PASAR SENEN.
Tur pasar senen ini sebenernya diinisiasi oleh Yoga (kayaknya masih jadi) mahasiswa Prancis UI 2009, yang biasa jualan baju-baju dan celana keliling di Kantin Sastra. Malam itu doi bbm gue ngajak ke Pasar Senen besok paginya. Karena gue emang udah penasaran banget sama yang namanya Pasar Senen dan udah ngebet banget pengen kesana maka langsung gue iyakan lah ajakan itu dengan penuh semangat! Gue berinisiatif agar kita ke Senen lewat jalur kereta aja karena lebih efektif dan efisien. Yoga pun mengiyakan karena yang paling feasible pun kalo berangkat dari Depok ya jalur kereta. Karena Yoga berangkat dari Depok dan gue dari Bekasi, maka akhir percakapan bbm itu akhirnya memutuskan kami akan bertemu di stasiun Manggarai, salah satu stasiun kereta transit yang dilewati oleh dua jalur berbeda tersebut.

Oke. Paginya, saking kesemangatannya gue mau ke Senen, gue bangun sangat pagi. Jam 09.00 WIB. *Sebenernya cukup siang buat orang yang kantoran gitu* *tapi berhubung gue kerja pas weekend, weekdays ya adalah hari libur gue* *BEBAAAS* *hahaha* Kami janjian ketemu di Stasiun Manggarai tepat pada pukul 12.00 WIB. Karena prepare takutnya gue baru bangun jam 11an gitu. Nah, pagi itu gue langsung mandi dan langsung cakep+wangi. Lalu gue pake outfit seadanya aja, kemeja merah a la Senen dan celana pendek karena gue emang yakin banget kalo lu pake baju cukup rapih pasti itu pedagang pada jual mahal. Oke setelan udah cakep deh buat kawasan Senen, tinggal jalan aja. Gue prepare buat jalan itu jam 11, jadi ada waktu sejam buat sampe ke Manggarai kalo naik dari Stasiun Bekasi. Nah sembari nunggu jam 11, gue makan dan bbm Yoga buat nanya keseriusannya lagi. TAPI OH TAPI.. Gue bbm Yoga tapi dibales tanda silang, tanda paketnya abis. Fakmen! Gue terus menerus dengan gigih bbm Yoga, berkali-kali... Tapi tetep dibales tanda silang. Hampir jam sebelas, gue gatau cara ngehubungin Yoga. Gue mau nanya ke Adan, gue bbm juga dibales tanda silang! gue whatsapp Adan cuma ceklis sekali. Gue sms, ga dibales. Jadi, siapa lagi yang harus gue tanya...

Ada kali selama 10 menit gue mikir siapa lagi orang yang tepat buat ditanyain gimana cara ngehubungin Yoga. Dalam waktu 10 menit itu, 9 menitnya sih jujur aja gue terbuai sama kasus Arya Wiguna vs Eyang Syubur di tv, kayanya seru aja gitu ga ada abish-abishnyah. Sisanya, gue bbm Acidel dan akhirnya dapet nomornya Yoga! Alhamdulillah. Akhirnya gue sms dia dan dia bales kalo tur Senennya jadi. Dan akhirnya kita mengundur jadwal pertemuan kita di Manggarai jadi jam 1 siang.

***

Oke, perjalanan dari Bekasi gue mulai dengan naik angkot dari rumah menuju stasiun. Awal perjalanan ini belom ada yang salah sih, kecuali supir angkot yang ga ngembaliin duit serebu buat kembalian. Huft. Yaudahlah gapapa. Sampe di stasiun, gue langsung menuju loket kereta dan dengan pede-nya ngeluarin duit 5000 dan bilang naik kereta Commuter Line menuju Manggarai. Lalu dalam beberapa detik dengan heran petugas loketnya ngeliatin gue dan selembar duit goceng gue. Gue ga ngerasa salah sampe akhirnya si mas penjaga loket bilang kalo harga tiketnya 8500. *Oke mas, maap*

Terus mas penjaga loket bilang, kalo kereta yang gue naikin bentar lagi jalan terus suruh gue buru-buru. Dan bener aja, ketika gue liat, itu yang jaga peron udah niup-niup peluit. Padahal dia penjaga peron bukan wasit. Gue langsung lari, ngejer kereta. Meeeen! Bagian paling epik adalah gue masuk kereta bak jagoan-jagoan film Hollywood. Jadi gini. Gue kala itu langsung lari buru-buru menuju kereta yang udah mau jalan itu. Ketika itu pintu kereta mau nutup, gue langsung loncat dan masuk ke dalam gerbong. Seketika itu, dibelakang gue pintu kereta langsung nutup. Hap! Hosh hosh hosh. *efek loncat terus capek* Tapi setelah gue loncat itu pada banyak yang ngeliatin gue, gue mandang mereka juga agak aneh kan ya. Tapi gue yakin outfit gue ga ada yang salah. Gue mencoba untuk nyari tempat duduk di gerbong itu, dan mata-mata itu terus ngikutin. Setelah gue liat sekeliling, ternyata mata-mata itu mata-mata perempuan semua. DAN GUE ADA DI GERBONG KHUSUS WANITA. Fakmeeeen! Hahahaha.

Antara malu dan Pd, 11-12 banget sih. 11nya PD, 12nya Malu. Jadi tetep Tengsin aja sih. Hahaha. Yaudah akhirnya gue jalan menuju gerbong yang ga khusus wanita. Gue dapet tempat duduk yang enak banget, deket kipas angin dan dibawah AC. Yeeeemmm. Sampe sini udah ga ada salah kecuali pas liat duit kembalian mas-mas loket kereta yang sedari tadi gue pegang, ternyata gue cuma dikembaliin serebu. Yaudahlah ya gapapa.

Karena gue lupa banget ya dengan stasiun-stasiun dari Bekasi menuju Kota, gue random tuh nyatet-nyatetin semua stasiun yang gue lewatin. Bangga banget kalo nanti gue ditanya "abis stasiun ini, stasiun apa?" trus bisa jawab. TAPI, ternyata di atas pintu Commuter Line itu ada peta tiap stasiun... JADI BUAT APA GUE NYATETIN NAMA STASIUN TIAP ITU KERETA BERENTI, ya??? Huft.

***

Oke. Gue udah sampe Manggarai. Pintu kereta terbuka dan gue langsung keluar. Gue sempet smsan sama Yoga dan dia bilang dia udah sampe Manggarai duluan dan nunggu di Smoking Room. Oke, setelah gue turun kereta, gue langsung ketemu Yoga. Terus karena sekelebatan liat peta-peta stasiun di atas pintu keluar Commuter Line itu, gue bilang ke Yoga dengan yakin kalo kereta ini bisa langsung ke Senen! Terus kami langsung buru-buru naik kereta, dan persis sama adegannya. Saat kami masuk kereta, kami sempat liat lagi peta stasiun-stasiun yang ada di atas pintu Commuter Line itu....DAN TERNYATA... Dari Manggarai, kereta ini ga ke Senen. Saat kami sadar kami salah kereta, pintu kereta tertutup. Gue mandang Yoga dengan penuh penyesalan kaya anak sekolah kegep ngerokok sama orangtuanya. Padahal tadi gue yakin banget yakin kalo kereta kita bisa langsung ke Senen.... gataunya kita menuju CIKINI.... Fakmeeen!

***

(Bersambung)

No comments:

Post a Comment

Kalo mau komen pake bahasa yang santun dan sopan ya saudara-saudari!