Saturday, May 4, 2013

Hopla Epistemologis. FAK. HAHA

Karena Hopla (Hopla 3: Dedicated to Mas Dekun), lagi-lagi gue mikirin sesuatu yang ga bakalan mikirin gue. Sekangen itu gue sama suasana yang dibangun pas acara Hopla tadi di Kantin Kerucut FIB UI. Sebuah acara musik, ga perlu mewah-mewah, cukup sederhana dengan hiasan-hiasan cantik lampu-lampu yang di kerjain sendiri tapi efektif bikin lu ngeblend dengan suasana kebersamaannya. Banyak yang dateng diacara Hopla tadi udah menjadikan acara musik tadi kaya acara tali kasih. Kerinduan akan kebersamaan dengan muka-muka lama itu muncul lagi. Ketemu ini sapa-peluk, ketemu itu sapa-peluk. Sesuatu yang bahkan jarang gue temuin di angkatan 2010 kebawah: substansi kebersamaan, dan sapa-nya tentunya. Kenapa kita bisa sedrastis itu ya perubahannya?

Biasanya nih, anak2 FIB sekarang yg cupu2 gitu gapernah nongkrong dikansas lebih dari jam st.8 malem. Baru malem ini rame lagi kansas. Salut. Padahal dulu, nongkrong sampe malem sambil gegitaran itu hal normal. Acara kaya hopla gitu normal bgt dulu. Sekarang asing. Seasing-asingnya. Zaman berubah. Teknologi berubah. Rektor berubah. Kebijakan berubah. Pergaulan berubah. Gue berubah. Lu berubah. Kita Power Rangers semua.
Entah hal itu kepikiran. Anjir. Ngapain sih gue mikirin beginian...
Intinya, gue sekangen itu dengan acara-acara yang bisa bikin kita ngumpul bareng. Sesuatu yang bisa bikin lo kenal sama junior dan senior yang bahkan 7 tahun diatas lu dan lu bisa sharing-sharing segala hal. Sesuatu yang bisa bikin lo ngerasa seneng bisa punya rasa kebersamaan, kekerabatan dan kekeluargaan. Hal yang barangkali ilang di angkatan 2010 kebawah. Wong, temen angkatan sendiri aja banyak yang ga kenal. Alesannya selalu klasik, "angkatan gue kan ada 1000 lebih..". Bahkan gue yakin, orang-orang yang ngomong kaya gitu bahkan 200 temen pun ga ada yang dia kenal. Sekedar tau, mungkin iya.

Gue rasa, kampus gue tercinta udah dimasuki generasi-generasi 2000an yang individualis. Yap. Barangkali bagi mereka pertemuan, bukan sesuatu yang lumrah. Pertemuan adalah sesuatu yang asing. Karena prinsip-prinsip urusan saya adalah milik saya dan urusan kamu bukan milik saya. Mereka memiliki kecenderungan anti-sosial dan lebih baik mengasingkan diri dalam dunia maya. Kasihan. Kalaupun ada pertemuan, bagi mereka substansi pertemuan adalah perkara kuantitas bukan kualitas. Lalu setelah teori itu, kita lihat saja gimana cetakan mahasiswa-mahasiswa sekarang... Mentalnya tempe, sedikit-dikit ngeluh, ketemu malem takut, gelep sedikit takut, angkat air seember ngeluh, cape sedikit istirahat, ketemu dikit gosip, baca buku sedikit ketiduran, dengerin orang ngomong dikit udah males, ketemu senior ga ada permisi-permisinyah, anti-kritik, bla-bla-bla... Bahkan yang paling parah sih ya mahasiswa-mahasiswa sekarang terlalu cuek dan kehilangan rasa ramahnya. Ga heran deh lu liat mahasiswa sekarang tangannya lembek-lembek kaya daging sapi Wagyu. Fiks. *gue lagi jahat, ngejudge* *bodo amat*

Yaudahlah. Gitu aja. Yang jelas, Hopla mengobati rindu gue banget akan substansi pertemuan yang sesungguhnya: Kualitas melebihi kuantitas.

*Cheers*

No comments:

Post a Comment

Kalo mau komen pake bahasa yang santun dan sopan ya saudara-saudari!