Monday, July 29, 2013

Orange(dan)

Alkisah, di suatu saat gue pernah berada dalam masa-masa galau di akhir masa perkuliahan gue. Galau skripsi sih bukan kuliah. Ditengah kemalesan gue nulis skripsi (bukan karena miskin ide tapi emang lagi ga mood aja nulis), gue mencoba untuk mengisi waktu luang gue untuk baca dan bercocok tanam. Iye, bercocok tanam.

Nyokap gue adalah orang yang seneng banget sama taneman. Ketimbang melihara binatang, dia tipe orang yang bela-belain ngeluarin duit lebih buat beli taneman. Ga heran kalo lo ke rumah gue, lumayan banyak taneman yang ada di rumah. Mungkin sekarang jumlahnya udah sedikit, karena renovasi rumah yang akhirnya banyak mengorbankan taneman-taneman. Nah, ga heran juga kalo lo bisa nemu pot-pot taneman yang banyak banget di rumah gue. Karena gue pikir pot-pot kosong yang ga kepake itu bakal jadi mubazir dan sarang nyamuk makanya gue mencoba untuk iseng menanam biji jeruk yang buahnya masih ada di mulut gue.

Gue lumayan suka jeruk karena alesan kesehatan. (Baca: Gue sering banget sariawan, entah kenapa). Makanya gue selalu menghabiskan jeruk kalo ada buah itu dibeli sama nyokap gue. Nah, karena gue pikir ada beberapa tipe jeruk yang enak buat dikonsumsi makanya gue iseng aja untuk bercocok tanam, pertama untuk mengisi waktu luang gue ga nulis skripsi, kedua untuk mengurangi resiko gue sariawan kalo nanti Jeruknya udah numbuh.

Lalu, yaudah deh.. Gue nanem beberapa pot taneman jeruk itu. Ga makan waktu lama, itu jeruk numbuh dan gue seneng banget. Gue rawat tiap hari kaya dapet pacar baru gitu. Ah syit. Alesan ketiga muncul. Mengisi waktu kosong gue yang waktu itu baru diputusin pacar. HAHA. Kalo ada telor ulet gue pites-pitesin saking posesifnya sama ini pohon jeruk. Terus kalo ada ulet yang akhirnya udah makanin beberapa daun, gue sentil sampe mejret. Intinya gue bener-bener sayang bener sama pohon-pohon gue itu. Pohon pertama dan kedua gue namain pohon Skripsi. Supaya gue selalu inget dan inget tentang skripsi. Sisanya gue ga kasih nama. Hal itu sangat membantu gue banget karena pada akhirnya dua minggu sebelum deadline pengumpulan skripsi, gue berhasil menyelesaikan skripsi gue. Thanks all.

Tapi setelah gue kelarin skripsi, wisuda dan lala-lili, taneman-taneman jeruk itu lupa gue rawatin lagi. Beberapa ada yang akhirnya mati kering karena gue ga siram-siram. Beberapa lagi ada yang mati daunnya abis dimakanin ulet. Beberapa lagi dibuang nyokap gue karena pot-nya mau dipake. Tapi gue udah ga seposesif dulu, gue ikhlasin semuanya pergi dari hidup gue. Bahkan gue udah lose contact sama Skripsi, karena gue udah ga pernah nengokin dia lagi.

Baru tadi lagi gue ketemu sama Skripsi. Pas ujan malem tadi, gue lagi mindah-mindahin taneman nyokap gue buat jadi penampung ujan. Gue nemu skripsi 1 dan skripsi 2 nyempil di balik pot-pot gede taneman kuping gajah nyokap gue. Disampingnya juga ada taneman anthurium nyokap yang daunnya lebih gede dari kolor Ryana. Daunnya udah banyak dan dia udah tinggi banget. Komentar gue pas liat dia: "Udah gede aja luh pada.." Sambil tersenyum simpul, kaya orang ketemu mantan yang masih disayang.

Abis ini, gue ga tau deh mau gimana kedepannya sama mereka.
:")

No comments:

Post a Comment

Kalo mau komen pake bahasa yang santun dan sopan ya saudara-saudari!